Mengatasi Masalah Error Load Submission OJS 3

OJS 3 memang penuh sensasi. Pembaruan UI yang menarik dan responsive merupakan nilai lebihnya dibandingkan dengan OJS versi sebelumnya (walaupun ada beberapa theme OJS 2 yang juga sudah dibuat menarik seperti OJS 3). Banyak pengguna OJS 2 yang ingin mengupgrade OJSnya ke OJS 3. Hanya saja masalahnya adalah sering kali proses upgrade tidak berjalan dengan lancar. Kadang upgradenya lancar namun muncul masalah saat masuk ke laman dashboard. Yang sangat menyakitkan hati di OJS 3 adalah ketidakjelasan penyebab masalah / problem. Ini yang membuat pusing kepala para admin OJS. Sehingga proses upgrade ke OJS 3 dari OJS 2 sering tidak direkomendasikan.

Pagi ini saya membantu mengupgrade OJS salah seorang teman lama. Proses upgrade berjalan normal, namun muncul masalah saat membuka menu submission di dashboard admin. Muncul pesan An unexpected error has occured. Please reload the page and try again.. Sebenarnya error ini sudah umum berdasarkan pengalaman beberapa kali mengupgrade OJS 2 ke OJS 3. Namun kali ini saya penasaran mengapa error ini terjadi, karena bersama sebelumnya saya juga mengupgrade OJS versi yang sama dan berjalan normal. Saya pun coba akses ke cpanel (karena OJSnya nebeng di hosting saya) untuk mengecek error_log yang muncul. Berdasarkan pembacaan pesan error yang muncul, intinya ada masalah dengan karakter yang diparsing oleh OJS 3. Malformed UTF-8 characters, possibly incorrectly encoded begitu menurut error_log.

Harus dipahami bahwa OJS 3 menggunakan AJAX secara penuh dalam akses data. Sehingga sangat rentan dengan error saat JSON yang direturn mengandung karakter yang aneh-aneh. Karena submission meload data artikel yang dikirimkan oleh penulis maka target utama saya adalah mengecek apakah ada judul artikel yang tampak bermasalah. Total ada 292 record yang harus dicek satu persatu.

Bismillah, saya cek satu persatu judul yang terekord di database. Jreng-jreng, ada banyak judul artikel yang memiliki spasi lebih (ada yang 2 ada yang bahkan sampai 4 spasi). Hal ini biasanya karena berasal dari dari judul yang dikopi dari file word artikel. Biasanya judul di artikel dijadikan beberapa baris dengan menekan tombol enter. Karakter inilah yang memunculkan beberapa spasi pada judul. Walaupun berupa spasi namun sesungguhnya karakter tersebut menyebabkan masalah saat dibaca sebaga JSON oleh OJS 3. Seharusnya judul artikel tersebut dijadikan satu baris dahulu baru kemudian dicopy ke metadata OJS.

Cara membersihkannya adalah dengan menggantinya spasi yang lebih tersebut dengan spasi tunggal. Satu persatu. Selain itu ada karakter tanda petik ganda yang juga mengganggu di salah satu artikel. Saya hapus tanda petik gandanya, lalu save. Ketika saya coba untuk membuka kembali menu submission pada dashboard ternyata sudah dapat terload dengan baik.

Jadi jika mengalami hal serupa, silahkan cek tabel submission_settings pada database OJSnya. Pastikan kolom setting_value tidak ada yang berisi karakter aneh-aneh.